Jumat, 04 Januari 2013

Negara Bagian Dakota Utara

North Dakota adalah sebuah negara di wilayah Midwestern dari Amerika Serikat, di sepanjang perbatasan Kanada. Negara ini berbatasan dengan Manitoba dan Saskatchewan ke utara, Minnesota ke timur, South Dakota ke selatan dan Montana di barat. North Dakota adalah yang paling 19 luas tapi paling tidak 3 terpadat dan paling padat penduduknya di 4 50 Amerika Serikat. North Dakota diciptakan dari bagian utara Wilayah Dakota dan mengaku Uni pada tanggal 2 November 1889, bersamaan dengan South Dakota.

The state capitol terletak di Bismarck dan kota terbesar adalah Fargo. Universitas-universitas publik utama yang terletak di Grand Forks dan Fargo. Angkatan Udara AS mengoperasikan pangkalan udara di Minot AFB dan Grand Forks AFB.

Selama lebih dari satu dekade, negara telah memiliki ekonomi yang kuat, dengan pengangguran lebih rendah dari rata-rata pekerjaan dan nasional yang kuat dan pertumbuhan penduduk. Sebagian besar pertumbuhan tersebut telah didasarkan pada pengembangan minyak Bakken bidang serpih di bagian barat negara. Negara juga telah melihat pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam teknologi dan sektor jasa.

North Dakota terletak di wilayah AS yang dikenal sebagai Great Plains. Saham negara Sungai Merah Utara dengan Minnesota di sebelah timur, South Dakota adalah ke selatan, Montana adalah di barat, dan provinsi-provinsi Kanada Saskatchewan dan Manitoba berada di utara. North Dakota terletak dekat bagian tengah Amerika Utara dengan penanda batu di Rugby, North Dakota menandai "Pusat Geografis Benua Amerika Utara". Dengan luas 70.762 mil persegi (183.273 km2), North Dakota adalah negara terbesar ke-19.

Setengah bagian barat dari negara terdiri dari Great Plains berbukit, dan bagian utara dari tanah tandus di sebelah barat Sungai Missouri. Titik tinggi negara, Putih Butte pada 3.506 kaki (1.069 m), dan Theodore Roosevelt National Park [8] berada di tanah tandus. Wilayah ini berlimpah dalam bahan bakar fosil termasuk minyak mentah dan batubara lignit. Sungai Missouri membentuk Danau Sakakawea, danau buatan manusia terbesar ketiga di Amerika Serikat, di belakang Dam Garrison.

Wilayah tengah negara dibagi ke dalam Prairie Drift dan Plateau Missouri. Bagian timur negara terdiri dari Sungai Merah datar Valley, bagian bawah Agassiz Danau glasial. Tanah yang subur, dialiri oleh Sungai Merah berkelok-kelok mengalir ke utara ke Danau Winnipeg, mendukung industri pertanian besar. Devils Lake, danau alami terbesar di negara bagian, juga ditemukan di timur.

Timur North Dakota secara keseluruhan datar, namun, ada bukit-bukit yang signifikan dan buttes di barat North Dakota. Sebagian besar negara yang tercakup dalam padang rumput, tanaman menutupi sebagian besar bagian timur North Dakota, tapi jarang di tengah dan barat. Pohon-pohon alami di North Dakota yang ditemukan biasanya di mana ada drainase yang baik seperti jurang dan lembah dekat Gorge Pembina dan Pegunungan Killdeer, Pegunungan Penyu, perbukitan di sekitar Danau setan, di daerah bukit dari McHenry County di pusat North Dakota, dan sepanjang lereng lembah Sheyenne dan delta Sheyenne.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar